4 Rekomendasi Peluang Usaha di Desa yang Menghasilkan Banyak Cuan

4 Rekomendasi Peluang Usaha di Desa yang Menghasilkan Banyak Cuan

Hidup di daerah pinggiran kota, bukan berarti tidak memiliki peluang untuk membuka usaha. Ternyata peluang usaha di desa pun sangat banyak sekali yang dapat kamu jalani, bisa jadi pemilik usaha tersebut hanya kamu seorang.

Untuk orang yang sudah melek akan dunia teknologi dan semua penerapan bisnisnya dikemas dalam produk digital, bukan tidak mungkin kesempatan cara menghasilkan uang dari internet bisa kamu lakukan dengan rekomendasi pelaung usaha yang akan kami berikan, untuk lengkapnya bisa cek di bawah ini.

Rekomendasi Peluang Usaha di Desa

1. Menjadi Agen PPOB

Peluang usaha di desa pertama yang paling masuk akal untuk kamu jalankan adalah dengan menjadi agen PPOB, yaitu di mana para tetangga atau bahkan masyarakat desa dapat melakukan pembayaran listrik, air, membeli pulsa, hingga tagihan bulanan lain di kamu.

PPOB sendiri adalah Payment Point Online Banking, artinya hanya dengan 1 aplikasi sudah bisa menjalankan banyak transaksi sekaligus.

Cara menjadi agen PPOB ini pun sangat mudah, tinggal memilih apakah ingin dari Bank lokal atau bisa juga menggunakan aplikasi payment, seperti DANA, OVO, Gopay, dan lain sebagainya. Tinggal dipilih mana yang paling menarik dan memberikan banyak cuan.

2. Menjual Bibit Tanaman

Rekomendasi kedua adalah dengan menjual bibit tanaman, masyarakat perkotaan saat ini banyak mengalihkan hobi nya menjadi petani dadakan akibat kegiatan PPKM yang dilangsungkan oleh Pemerintah secara berkala.

Akibatnya, banyak waktu sisa dan mereka bingung untuk melakukan apa. Alhasil dengan bercocok tanam adalah solusinya, mulai dari tanaman hidroponik sampai tanam yang biasa.

Penjualan bibit tanaman di desa pun sangat potensi cuan besar, mengingat peluang usaha di desa sangat erat kaitannya dengan daerah persawahan atau ladang luas, jadi para pemilik sawah pun harus menyemai bibit untuk mulai bisa produksi, baik itu berupa sayuran atau buah.

3. Ternak Lele

Siapa sih yang tidak menyukai ikan lele? Sajian khas yang selalu diselingi dengan sambal ini selalu menjadi primadona untuk semua kalangan, karena pasarnya bisa kelas bawah hingga atas. Ajaibnya, harga per porsi saat menyantap makanan pecel lele pun tidak terlalu mahal dan relatif standar.

Oleh sebab itu, peluang usaha di desa yang ketiga ini sangat cocok untuk membuka ternak lele. Apalagi jaman canggih seperti saat ini, di mana orang-orang bisa melakukan pendanaan secara online, seperti salah satu lembaga yang sudah cukup terkenal yaitu InFishta.

Bagi kamu para petani lele dan memang kekurangan modal dalam ekspansi atau bahkan ingin meningkatkan kapasitas produksi lele, bisa juga membuka kesempatan share profit untuk para investor, biasanya keuntungan yang ditawarkan mencapai 10% per tahun plus modal.

4. Membuka Toko Sembako

Peluang usaha di desa terakhir yang dapat kamu terapkan adalah dengan cara membuka toko sembako. Jika ingin usaha lancar, carilah usaha yang sangat dibutuhkan oleh orang banyak, salah satunya urusan pangan.

Kebutuhan beras di Indonesia saat ini membludak, bahkan harus dibantu ketersediaan beras oleh luar negeri dengan melakukan import. Melihat dari kondisi demikian, sangat prospek jika kamu berhasil membuka toko sembako.

Apalagi jika kita membicarakan desa, tidak banyak tersedia toko swalayan yang besar seperti Hypermart dan koloninya, atau bahkan Indomaret dan Alfamart. Jadi kesempatan untuk mendapatkan cuan banyak dari toko sembako sangat tinggi.

Cara Pemasaran Online

Agar usaha yang kamu jalankan juga dapat dijangkau oleh orang perkotaan, atau bahkan skala Nasional. Maka perlu dilakukan yang namanya pemasaran online. Metode pemasaran ini bisa dari promosi lewat media sosial, atau mendaftar di beberapa marketplace yang sudah terkenal.

Sebelum melakukan pemasaran, kita wajib menelisik siapa sih target pembeli yang ingin dijangkau. Jika berbicara bibit tanaman atau jual pulsa dan pembayaran, kamu cukup melakukan pemasaran melalui media sosial.

Apalagi saat ini algoritma facebook sedang berubah karena seorang CEO nya merilis produk baru yang bernama Meta, dan pemilihan share facebook juga sangat tepat mengingat masyrakat pada umumnya masih banyak menggunakan facebook. Sebagai tambahan jangan lupa juga untuk promosi melalui konten di TikTok, Instagram, dan lain sebagainya.

Cara terakhir adalah dengan melakukan promosi berbayar, bisa melalui media sosial juga atau bahkan menggunakan google untuk mengiklankan produk yang kamu jual.

Semoga rekomendasi peluang usaha di desa dapat membantu ya, sejauh apapun kamu bekerja akan lebih asyik jika bisa bekerja di rumah dan membangun desa atau kampung menjadi berdikari, selamat mencoba!

Comments

Comments are closed.