Apa itu Alat Olahraga Lari? Kenali Fungsi Beserta Jenisnya

Fungsi dan Jenis Alat Olahraga Lari

Olahraga lari dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun karena kesibukan yang menghalangi, alat olahraga lari bisa menjadi solusi terbaik. Menggunakan produk tersebut memungkinkan Anda untuk berlari atau berjalan di dalam ruangan.

Jenis-jenis Alat Olahraga Lari

Sebelum melakukan pembelian, terlebih dahulu pahami fungsi dan karakternya agar tepat sesuai kebutuhan. Ada tiga jenis alat yang sering digunakan yaitu:

1. Jenis Elektrik

Jenis ini merupakan alat olahraga yang harus dihubungkan dengan aliran listrik. Dengan begitu, saat akan menggunakannya perlu adanya stop kontak atau sejenisnya. Seperti Richter Treadmill Element Peralatan Olahraga.

Harga yang ditawarkan memang lebih mahal, namun hal tersebut berbanding lurus dengan beragam fitur yang ditawarkan.

2. Jenis Manual

Jenis ini merupakan alat yang dapat dijalankan tanpa menggunakan mesin/motor dengan aliran listrik. Meski begitu, kelebihan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan jenis elektrik. Kelebihan lainnya yakni bisa menghemat pengeluaran dan tetap menjalankan kegiatan menyehatkan.

Alat olahraga lari jenis ini dibagi menjadi beberapa, yakni tipe satu fungsi, dua, tiga dan seterusnya. Ketika ingin membelinya, tentukan dulu manfaat apa yang ingin didapatkan. Begitu pun jika membeli jenis Treadmill Manual 4 Fungsi BB003 Hitam Alat Fitnes.

3. Jenis Magnetik

Jenis ini hampir sama dengan yang manual yakni tidak memerlukan energi listrik, bedanya pergerakan perputaran rodanya memanfaatkan gaya magnetik. Model ini berbentuk sederhana dan terkesan minimalis, namun manfaat yang ditawarkan sama dengan jenis lainnya.

Jika Anda menginginkannya, bisa menggunakan perlengkapan seperti JK EXER Treadmill Motorized Alat Fitness.

Bagaimana Cara Penggunaan Alat Olahraga Lari?

Untuk menggunakan alat ini, sebelumnya harus mengetahui bagaimana tata cara yang baik dan benar, seperti berikut:

1. Memahami Tombol yang Ada

Sebelum menggunakan alat seperti Total Fitness TL-199 Treadmill Elektrik Auto Incline, sebaiknya pahami dulu tombol-tombol yang ada. Bahkan, beberapa alat yang dilengkapi dengan berbagai indikator dengan kegunaan berbeda-beda.

Untuk memulai tekan menu strat, pause guna menghentikan dan stop untuk mengakhiri. Pemahaman dasar tersebut sangat penting diketahui sebagai pencegahan terjadinya hambatan.

2. Penyetingan Alat Olahraga Lari

Saat melakukan olahraga lari sebelumnya atur dahulu kecepatannya, untuk awalan gunakan pengaturan mulai dari berjalan, selang beberapa menit naikkan pada lari pelan, selanjutnya ke tingkat yang lebih cepat sesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa tipe seperti Celebrityfitness FC-Osaka Alat Fitness Treadmill Elektrik [3 Fungsi]. Memiliki fitur derajat incline yang berguna untuk membuat landasan menjadi lebih menanjak dengan fungsi untuk menambah kekuatan otot kaki serta membakar kalori lebih banyak.

3. Melakukan Pemanasan

Pemanasan sangat diperlukan saat akan melakukan kegiatan olahraga, bertujuan untuk menghindari adanya cidera pada tubuh yang digunakan untuk kegiatan fisik satu ini. Waktu optimal yakni dilakukan dengan durasi berkisar antara lima sampai sepuluh menit.

Setelah olahraga pun, penting bagi Anda untuk melakukan perenggangan dan pendingingan sebagai pencegahan tubuh kaku atau kram. Tidak terkecuali saat menggunakan Kugi Store Milano Treadmill Elektrik Commersial FS Millano Alat Fitness.

4. Posisikan Tubuh dengan Benar

Saat berada di atas alat sebaiknya pastikan posisi tubuh dengan benar untuk menghindari cidera akibat tejatuh atau lainnya. Jangan sampai tubuh tidak nyaman dan membuatnya merasa sakit setelahnya. Terlebih jika menggunakan OB Fit OB-2014 Manual Treadmill Multifungsi.

Atur pandangan lurus ke depan dengan bahu tegap dan lebar, saat akan menjalankan alat ini posisikan tangan di pegangannya, lalu lepaskan secara perlahan. Gerakkan tangan seirama dengan kaki. Saat melakukan olahraga Anda juga harus mengimbanginya dengan konsumsi air putih.

Alat olahraga lari dapat menjadi solusi bagi Anda yang sangat sibuk sehingga tidak sempat berolahraga di luar ruangan. Kesehatan harus dijaga dengan melakukan kegiatan tersebut serta mengkonsumsi makanan yang sehat serta bernutrisi tinggi.