8 Macam-macam Penyakit Kulit yang sering Menyerang Tubuh

Macam Jenis Penyakit Kulit yang sering Menyerang Tubuh

Ada berbagai macam-macam Penyakit Kulit yang rentang menyerang tubuh. Setiap jenis penyakit kulit menunjukkan gejala yang berbeda-beda. Penyebab penyakit kulit biasanya terjadi karena tertular orang lain, bakteri, jamur maupun virus.

Kulit merupakan bagian tubuh paling luar, yang secara langsung bergesekan dengan partikel-partikel sehingga mudah mengalami gangguan.

Berikut ini merupakan macam – macam penyakit kulit yang rentan menyerang tubuh manusia. Akan tetapi tetap dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter kulit supaya mendapatkan resep yang tepat.

Macam – Macam Penyakit Kulit

1. Jerawat

Jerawat merupakan jenis penyakit kulit yang sering menyerang bagian wajah. Walaupun kenyataannya bisa menyerang kulit pada bagian tubuh lainnya karena gangguan yang terjadi pada kelenjar minyak.

Hal yang memicu timbulnya jerawat yaitu disaat kelenjar kulit tersumbat. Adapun beberapa Faktor penyebab timbulnya jerawat seperti kebersihan kurang terjaga, perubahan hormones maupun stress.

2. Cacar Air

Penyakit kulit cacar air disebabkan oleh sebuah virus jenis Varicella Zoester. Konon katanya penyakit macam ini terjadi hanya sekali seumur hidup.

Ruam gatal pada seluruh tubuh merupakan gejala penyakit ini yang biasanya terjadi pada anak-anak. Beberapa selang waktu akan muncul bintik merah dan berisi air.

Penyakit kulit Cacar Air sangat mudah menular hanya dengan sentuhan, lendir bahkan ludah dari orang yang terkena penyakit ini.

3. Herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit kulit yang sering menjangkit orang dewasa. Penyebab terjadinya Penyakit Kulit Herpes karena muculnya ruam yang tidak rata dan akhirnya melepuh.

Gejala yang diterima saat terkena Herpes yaitu rasa gatal yang berlebih dan kulit menjadi lebih sensitif. Penyakit ini akan sering muncul pada bagian kulit yang lembab seperti bokong, lipatan paha dan bagian tubuh lainnya.

4. Eksim (Dermatitis)

Timbulnya rasa gatal yang berlebih dibarengi kulit memerah serta pecah-pecah merupakan gejala penyakit Eksim. Selain itu juga muncul gelembung yang berisi cairan ataupun nanah.

Bagian tubuh yang sering terkena Penyakit Kulit Eksim yaitu tangan, telingan dan lipatan paha. Penyebab penyakit ini biasanya karena alergi, dan sering menyerang orang-orang yang memiliki kecenderungan terhadap alergi.

5. Kurap

Salah satu penyakit kulit yang sering menyerang yaitu Kurap. Penyakit ini disebabkan oleh jamur, yang akan menimbukan lingkaran bersisik disertai rasa gatal.

Bagian kulit yang sering terkena Penyakit Kulit Kurap yaitu pada bagian leher, tengkuk dan kepala.

6. Impetigo

Penyakit Kulit yang sering terjadi pada bayi atau anak dibawah 5 tahun. Impetigo disebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan Infeksi kulit.

Gejala Penyakit Impetigo yaitu kulit gatal, kulit menjadi memerah dan melepuh berisi cairan.

7. Kudis (Skabies)

Kudis disebabkan oleh parasit tungau, biasanya orang-orang yang tinggal ditempat kumuh menjadi sasarannya. Bukan hanya itu, penyakit kudis juga menyerang orang yang tidak menjaga kebersihan tubuhnya.

Gejala kudis dimulai dari rasa gatal pada sela-sela jari tangan atau kaki, bwah ketiak, pinggang, alat kelamin dan bagian tubuh lainnya. Rasa gatal akan semakin bertambah pada saat malam hari.

8. Bisul

Bisul terjai karena Infeksi yang disebabkan oleh bakteri Stafilokokus Aureus menjadikan kulit memerah dan bertambah besar seiringnya waktu.

Bisul kerap ditemukan pada bagian tubuh yang lembab. Faktor lain penyebab bisul yaitu kebershihan lingkungan yang buruk, pelemahan diabetes, Infeksi pada luka dan penggunaan bahan kimia.

Itulah macam-macam penyakit kulit yang sering menyerang tubuh. Apabila kamu memiliki salah satu gejala diatas, segera periksakan kedokter terkait supaya mendapatkan tindakan yang tepat.