Memilih Menu Makanan dan Minuman Yang Halal

Cara Menghindari Makanan dan Minuman Yang Haram

Sebagai seorang muslim tentunya kita diwajibkan untuk selalu menghindari perilaku atau perbuatan yang telah haramkan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah dengan cara menghindari makanan dan minuman yang haram.

Adapun beberapa kriteria makanan haram tersebut sudah diantaranya adalah bangkai, darah, daging babi, daging hewan yang disembelih atas nama selain Allah SWT.

Hewan yang mati tidak wajar atau disiksa, serta hewan yang disembelih untuk berhala atau sesajen. Sedangkan untuk minuman haram di antaranya yang memalukan (Khmer), minuman yang berasal dari benda najis atau benda yang terkena najis, serta minuman yang didapatkan dengan cara yang batil.

Karena menurut ajaran islam dengan mengkonsumsi makan dan minuman haram tersebut akan menimbulkan fek negatif pada tubuh.

Untuk itu, kali Zencafe akan memberikan caranya dalam menghindari makan dan minuman haram tersebut, bagi kamu yang penasaran bisa menyimak pembahasan dibawah !

Bagaimana Cara Menghindari Makanan dan Minuman Yang Haram?

Berikut ini sikap bagaimana cara kamu menghindari makanan dan minuman yang haram dalam kehidupan sehari-hari.

Mendekatkan diri Kepada Allah SWT

Cara Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Cara pertama yang harus dilakukan agar terhindar dari makanan dan minuman haram adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan begitu kita akan merasa takut ketika perilaku kita akan menyimpang.

Selain itu saat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT secara langsung atau tidak langsung kita akan lebih mengenali sebab lain dari mengapa makan dan minum haram ini diharamkan dengan mendapatkan referensi tersebut akan memantapkan kita untuk menghindari perilaku yang dilarang salah satunya mengkonsumsi makan dan minuman haram

Periksa Kandungan Bahan dalam Makan dan Minuman

Cara Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Selanjutnya  agar kita terhindar dari makan dan minuman yang haram pastikan kita selalu sigap saat ingin mengkonsumsi makan dengan mengecek kandungan bahannya terlebih dahulu.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah mengatur mengenai makan dan minuman haram ini yang dimana setiap produknya sudah diberikan label contohnya dalam kemasan di salah satu produk tertentu yang menyatakan makan ini mengandung minyak babi, atau seperti minuman ini mengandung alkohol.

Selain itu Majelis Ulama Indonesia yang berwenang untuk mencantumkan produk makan dan minuman halal sudah sangat ketat dalam memberi label makan dan minuman halal. Maka dari itu kamu bisa mengkonsumsi berlabelkan halal ini.

Bertanya Pada Penjual

Bertanya Pada Penjual

Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual apakah makanan ini halal atau haram karena meski di Indonesia mayoritas penjual adalah seorang Muslim namun tak jarang ada beberapa penjual yang menjual masakan dan minumannya menggunakan bahan seperti minyak, gelatin dan alkohol,

Memilih Menu Makanan dan Minuman Yang Halal

Memilih Menu Makanan dan Minuman Yang Halal

Jika kita sedang berada di restoran yang baru pertama kalinya dikunjungi maka kita bisa memilih menu makan dan minuman yang halal yang sudah disediakan, jika masih ragu untuk memilih daging kamu bisa memilih menu makan sayuran untuk dikonsumsi.

Itulah cara menghindari makan dan minuman haram, semoga informasi ini bermanfaat dan pastikan untuk terus membaca artikel kami selanjutnya. Terimakasih!