Kenali 6 Model Rambut Sehat sebelum melakukan Perawatan

Model Rambut Sehat

Rambut merupakan bagian tubuh yang menjadi pusat perhatian orang lain selain wajah. Terlebih kaum Hawa pasti selalu merawatnya agar penampilan terlihat semakin menarik. Namun, ada beberapa orang belum mengerti bagaimana ciri-ciri rambut sehat itu seperti apa.

Rambut Sehat tentu menjadi idaman bagi siapapun. Namun, apakah Anda sudah mengerti bagaimana karakteristiknya? Mungkin beberapa penjelasan dan cara merawat agar rambut tetap sehat di bawah ini bisa membantu:

1. Rambut Tumbuh Semakin Panjang

Seiring dengan berjalannya waktu tentu rambut akan terus panjang. Tumbuh kembangnya tentu dipengaruhi beberapa faktor seperti vitamin serta protein. Anda bisa memeriksa secara langsung dalam kurun tiga minggu apakah ada perubahan terkait hal tersebut atau justru sebaliknya.

Rambut sehat akan selalu bertumbuh entah sekecil apapun pertumbuhannya. Semakin panjang, maka hal ini menunjukkan bahwa di dalamnya terkandung gizi yang cukup. Namun apabila tidak, maka bisa jadi terdapat permasalahan serius dan Anda wajib melakukan perawatan.

2. Hanya Sedikit Mengalami Kerontokan

Rambut boleh saja rontok namun harus dalam batas kenormalan. Perhatikan saat Anda menyisir ataupun keramas jika banyak sekali jumlah kerontokannya maka segera untuk konsultasi. Terkadang beberapa orang mengganggap hal ini biasa saja padahal sebenarnya sangat penting.

Ada beberapa penyebab jika masalah itu sampai terjadi mulai dari polusi udara, diet berlebihan, aktivitas di luar ruangan dan masih banyak lagi. Rekomendasi penyelesaian problem ini bisa dilakukan dengan menghindari sinar matahari, hindari penggunakan catokan, jangan keramas dengan air hangat.

3. Rambut Berkilau

Mampu memancarkan kilau apabila terkena sinar matahari langsung tentu ciri kesehatan rambut. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat minyak alami dalam jumlah normal di kulit kepala yang memang berfungsi untuk menjaga kelembapan daerah sekitar.

Satu permasalahan penting bagi Anda yang sering menggunakan produk rambut seperti gel, hairspray dan serum jika tidak membersihkannya secara benar, maka bisa menyebabkan minyak alami di kulit kepala semakin berkurang. Akibatnya bisa membuat kelembapan semakin terbatas.

4. Lembut saat Disentuh

Rambut Sehat memiliki tekstur lembut apabila Anda menyentuhnya. Satu hal lagi yaitu perhatikan pada bagian ujungnya, jika terdapat cabang maka itu berarti ada permasalahan. Sebaliknya jika tidak ada artinya keadaannya baik.

Perawatan yang mungkin bisa dilakukan adalah Anda perlu memotong rambut rutin serta keramas dua hari sekali. Kelembutan juga bisa didapatkan dengan cara memberikan serum dan vitamin khusus dan jangan lupa mengonsumsi makanan sehat bergizi.

5. Tidak Mudah Kusut

Tidak mudah kusut adalah karkateristik rambut sehat. Anda bisa mencoba ketika menyisirnya apakah sangat mudah untuk berikatan satu sama lain. Jika memang terasa demikian, itu menandakan bahwa terjadi masalah di dalamnya.

Rambut yang mudah kusut berawal dari rusaknya kutikula. Anda bisa mengobatinya dengan menggunakan kondisioner sesuai jenis sampo yang digunakan. Setidaknya melalui perawatan sederhana bisa membuat seseorang bisa merasakan kelembutan dan menjaga helaiannya.

6. Saat Ditarik Rambut Tidak Mudah Patah

Karakteristik terakhir adalah tingkat keelastisitas, artinya ketika Anda menyisirnya tidak patah maka menandakan rambut dalam keadaan sehat. Pola makan yang bergizi menjadi salah satu penentu dari hal ini.

Anda bisa memilih makanan dengan kandungan vitamin, protein, biotin serta zat besi yang bisa merawat rambut secara alami. Seseorang juga bisa mengonsumsi air setiap hari sebanyak 8 gelas, maka permasalahan teratasi.

Memiliki rambut sehat tentu idaman seseorang, berbagai cara ditempuh agar menghindari permasalahan serta kerusakan di dalamnya. Hindari penggunaan bahan kimia yang dapat merusak rambut dalam jangka panjang.