Kenali Penyebab, Efek, dan Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Penyebab Pola dan cara mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Pernahkan Anda menemui seorang anak duduk dengan smartphone di tangan dan ketika sang orang tua mengambilnya mereka marah? Hal tersebut adalah salah satu pertanda yang kurang baik, sebab anak kecanduan gadget memang cukup membahayakan.

Penyebab Anak Kecanduan Gadget

Kecanduan sebuah gedget tentu bukan permasalhan yang tiba-tiba, namun dengan beberapa penyebab seperti di bawah ini:

1. Pola Pengasuhan Kurang Tepat

Ketika seorang anak lahir, tentu mereka tidak mengenal gadget. Mereka bisa mengerti benda tersebut karena para orang tua serta orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut tentu dapat memicu kasus kecanduan gadget yang disebabkan oleh 3 problem utama dalam pengasuhan anak.

Pertama, kesibuka orang tua yang kemudian dengan sengaja memberikan gadget pada anak agar tidak rewel. Kedua, kurangnya kesadaran bahwa kini sudah masuk pada zaman berbeda. Ketiga, adanya contoh salah ketika mereka meniru anggota keluarga sibuk bermain smartphone.

2. Desain Teknologi

Taukah Anda jika memang teknologi pada saat ini memang didesain untuk membuat orang menjadi kecanduan? Setiap produsen tentu berlomba-lomba membuat banyak orang memakai produk digital mereka selama mungkin.

Beberapa fitur yang dapat membuat anak menjadi kecanduan bermain gadget yaitu, pertama adanya warna cerah sehingga membuat mereka menghabiskan banyak waktu untuk melihatnya. Kedua yaitu autoplay dan notifikasi dapat menarik perhatian.

Efek Anak Kecanduan Gadget dan Cara Mengatasinya

Di era digital ini, tidak mungin rasanya jika orang tua menghindarkan gadget pada anak. Hal tersebut tentu memiliki banyak manfaat agar si kecil tahu perkembangan teknologi. Namun, Anda juga harus membatasi penggunaannya dalam sehari-hari.

Jika anak kecanduan gadget tanpa ada batasan waktu, maka efek yang ditimbulkan dapat berbahaya. Seperti penurunan perkembangan otak dan kemampuan interaksi, adanya bahaya radiasi, obesitas, merusak pengelihatan, serta kurangnya minat bermain di alam terbuka.

Lantas, bagaimaca cara mencegah dan mengatasinya?

1. Jadilah Contoh yang Baik

Seorang anak biasanya akan belajar dari lingkungan sekitarnya. Ketika orang tua sibuk bermain gadget secara otomatis biasanya si kecil akan mengikuti kebiasaan tersebut. Untuk itu, Anda perlu mengatur waktu dalam penggunaan smartphone dengan bijak.

Ingat, jangan sampai Anda melarang si buah hati untuk bermain gadget, namun kemudian diri sendiri masih terus sibuk dengan benda tersebut. Larangan tersebut tentu tidak akan berhasil sehingga anak akan terus kecanduan pada smartphone.

2. Batasi Penggunaan Gadget pada Anak

Terkadang memang penggunaan gadget dapat bermanfaat bagi si buah hati. Akan tetapi, sebagai orang tua, Anda harus tetap memberikan pengawasan dan pembatasan kepada anak ketika mereka menggunakan smartphone.

Misalnya berilah mereka waktu bermain gadget 1 sampai 2 jam dalam sehari dengan tetap adanya pengawasan sehingga tidak akan disalahgunakan. Kemudian, Anda juga jangan meletakkan smartphone pada sembarang tempat, simpanlah agar si kecil tidak dapat mengambilnya.

3. Perbanyak Aktivitas untuk Anak

Dengan memperbanyak aktivitas anak di luar ataupun di dalam rumah akan membuat mereka lupa terhadap gadget. Anda dapat mengajak si kecil bersepeda pada hari libur, memasak bersama, ataupun berkunjung ke tempat saudara.

Biarkan anak beraktivitas di luar sehingga mereka bias mengekspresikan dirinya dan menggunakan kontak mata dengan baik. Hal tersebut tidak hanya dapat membantu kemampuan interpersonal, namun juga membangun kemampuan motorik serta kreativitasnya.

Demikian penjabaran mengenai anak kecanduan gadget yang harus dihindari. Untuk Anda para orang tuga tetap hati-hati ya dalam mendidik si kecil. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu menambah pengetahuan para pembaca, terimakasih.