9 Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri dengan Mudah

9 Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri – Karena ketergantungan akan smartphone yang tinggi, tentu menjengkelkan kalau HP Android Anda restart sendiri dan tiba-tiba berhenti berfungsi.

Dengan total jumlah HP Android aktif sebanyak 2.5 milyar, tentu berbagai masalah bisa saja muncul dan Anda mengalami salah satunya.

Berbagai keluhan yang muncul dan penyebab HP Android restart sendiri umumnya meliputi aplikasi yang error, baterai terlalu panas (overheating), atau performa HP yang lemot, pelan, lambat, atau lag.

Masalah cache data dan OS corrupt bisa jadi alasan mengapa HP Android restart sendiri dan crash. Kabar baiknya, Anda masih bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara-cara berikut ini.

Ikuti 9 cara mengatasi HP Android restart sendiri berikut ini. Sebagai catatan, instruksi di bawah ini mungkin tidak 100% bekerja karena tingkat keberhasilan tergantung pada veri OS Android yang Anda miliki.

#1. Perbarui OS

Pastikan HP Android Anda sudah memiliki sistem operasi Android terbaru. Sebagian orang enggan memperbarui OS Android karena sudah merasa nyaman dengan versi OS yang mereka gunakan saat ini.

Tapi memperbarui OS meningkatkan performa HP Anda, menambah fitur baru, dan melindungi kemanan HP Anda.

Berikut ini adalah cara memperbarui OS Android untuk mengatasi masalah restart sendiri;

Buka Settings/Pengaturan, scroll ke bawah dan klik Lanjutan>Pembaruan Sistem.

#2. Aktifkan Aplikasi Sistem

Apakah Anda tanpa sengaja menonaktifkan aplikasi Android?

Jika Anda tidak sengaja menonaktifkan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan OS Android ini, bisa jadi inilah penyebabkan.

Lihat di Pengaturan lalu pilih Aplikasi dan geser ke daftar aplikasi yang Dimatikan atau Dinonaktifkan dan aktifkan semua aplikasi yang bisa mengembalikan HP Android Anda nomal.

#3. Overheating

Banyak HP Android yang dirancang untuk mati secara otomatis jika mengalami overheating atau kepanasan.

Menggunakan HP ketika cuaca panas atau berada di bawah sinar matahari langsung bisa menyebabkan overheating.

Menggunakan 4G, GPS, dan layar disetel ke pengaturan paling terang karena penggunaan di bawah sinar matahari juga menyebakan overheating,

Bisa jadi, inilah penyebab HP Android Anda restart sendiri atau mati.

Gunakan HP Android Anda di dalam ruangan, dan coba nonaktifkan fitur yang tidak Anda perlukan. Periksa apakah HP Android Anda masih restart sendiri.

Kalau HP Android masih overheating meski digunakan di dalam ruangan tanpa aplikasi yang berajalan, bisa jadi ada masalah dengan HP Android Anda. Kontak toko penjual atau klaim garansi Anda ke produsen smartphone tersebut.

#4. Periksa media penyimpanan dan hapus file jika perlu

Jika OS HP Android Anda sudah diperbarui tapi HP Anda masih restart sendiri, periksa media penyimpanan dan hapus atau pindahkan file-file yang tidak terpakai.

Pastikan kapasitas penyimpanan yang tersisa lebih dari 10% agar HP Anda bisa bekerja maksimal. Sisa kapasitas penyimpanan terlalu kecil bisa membuat HP Anda crash da restart sendiri.

Buka Settings/Pengaturan lalu tap Storage/Penyimpanan. Di sini, Anda bisa melihat kapasistas penyimpanan dan total data yang Anda miliki, terbagi dalam bebragai kategori.

Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri

#5. Tutup & perbarui aplikasi

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Meskipun Android mampu mengelola penggunaan memori aplikasi selama penggunaan, ada saat-saat di mana Anda harus memaksa aplikasi untuk berhenti (force to stop).

Langkah ini dapat membantu jika Anda menemukan aplikasi tertentu yang menyebabkan HP Android Anda restart sendiri.

Selain itu, perbarui aplikasi yang sering Anda gunakan dengan membuka Play Store, ketuk menu tiga baris, dan pilih aplikasi & game saya. Klik Perbarui untuk satu aplikasi atau pilih Perbarui Semua.

Penyebab HP Android Restar Sendiri

#6. Lepas casing dan baterai eksternal (jika ada)

Apakah Anda menggunakan aksesori seperti casing atau unit baterai eksternal? Kalau iya, fitur tambahan ini bisa menjadi alasan mengapa HP Android restart sendiri. Sering kali, akseseoris seperti ini menutupi sensor atau tombol smartphone Anda.

Ketika Anda menganilisis masalah HP Android Anda yang sering restart sendiri, lepaskan semua aksesori tambahan yang ada.

#7. Periksa Perawatan Perangkat

Beberapa HP Android seperti Samsung memiliki opsi Perawatan Perangkat/Device Care yang membantu meningkatkan kinerja smartphone Anda.

Untuk memeriksa apakah fitur Auto-restart diaktifkan dan menyebabkan HP Android Anda crash dan restart sendiri, ikuti petunjuk di bawah ini.

Cara mengatasi HP Android restart sendiri

Buka Settings/Pengaturan dan ketuk Device Care/Perawatan Perangkat. Klik pada tiga titik di sudut kanan atas dan pilih Mulai ulang otomatis. Jika opsi diaktifkan, nonaktifkan dan lihat apakah langkah ini berhasil mengatasi HP Android restart sendiri.

 

#8. Periksa aplikasi mencurigakan dan uninstall

Umumnya, mengunduh dan menginstal aplikasi memang aman. Tapi, ada beberapa kasus ketika aplikasi menjadi penyebab masalah di HP Android.

Untuk mendeteksi apakah suatu aplikasi menyababkan HP Android Anda mati dan restart sendiri, matikan aplikasi yang Anda unduh dengan me-restart HP Anda dalam Mode Aman (Safe Mode).

Berikut cara menggunakan Safe Mode untuk HP Android Samsung. Langkah-langkah berikut ini mungkin berbeda untuk tiap model atau merek HP Android lainnya.

Pertama, matikan telepon sepenuhnya. Kemudian, hidupkan ponsel dan ketika logo Samsung muncul, tekan dan tahan tombol Volume Down/Volume Turun.

Jika Anda lakukan dengan benar, “Safe Mode” akan muncul di sudut kiri bawah layar. Jika “Safe Mode” tidak muncul, ulangi langkah-langkah di atas

Setelah Anda berada dalam Mode Aman, Anda dapat menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah pada HP Android Anda.

Untuk keluar dari Safe Mode, cukup restart smartphone Anda.

#9. Cara Sakti: Reset HP Android ke Factory Setting

Jika HP Android Anda masih restart sendiri ketika berada dalam Mode Aman/Safe Mode, pertimbangkan untuk mereset HP Anda kembali ke factory setting.

Artinya, Anda mengatur ulang smartphone Anda ke pengaturan pabrik.

Harap dicatat bahwa ini adalah pilihan terakhir jika semua cara mengatasi HP Android restart sendiri yang sudah Anda coba di atas gagal.

Pasalnya, proses ini akan menghapus semua aplikasi dan data Anda dari HP Android tersebut.

Kalau memungkinkan, buat backup atau cadangan perangkat. Simpan data kontak dan percakapan penting terlebih dulu, baik manual maupun digital.

Untuk mengembalikan smartphone Android Anda ke factory setting dan mengatasi masalah restart sendiri, ikuti langkah berikut.

Dari Settings, cari dan pilih Setel Ulang Pabrik/Factory Data Reset.

Selanjutnya, ketuk Setel Ulang Pabrik/Factory Data Reset lagi dan tinjau informasinya. Jika Anda sudah siap, geser ke dan tap Setel Ulang/Reset.

Jika Anda memiliki PIN atau pengaturan keamanan di HP Android tersebut, Anda akan diminta untuk memasukkan sandi Anda. Untuk menghapus semua informasi dan aplikasi yang diunduh, ketuk Hapus Semua/Delete All.

Tags:

Comments

Comments are closed.