Laptop

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Inilah cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala. Sebagai pengguna laptop, layar yang mati tapi mesin masih menyala pasti akan membuat kita panik dan bingung.

Meskipun lampu indikatornya di perangkat lainnya tetap berjalan layaknya laptop yang normal, karena semua layar hitam atau black screen kita tidak bisa mengakses apapun dan tahu penyebabnya.

Kondisi ini bisa disebabkan karena hardware maupun software yang terpasang pada perangkat tidak support dengan sistem atau mengalami kerusakan.

Apabila masalah layar mati tersebut belum diketahui mungkin akan sulit bagi pengguna untuk mengatasi agar laptop kembali normal.

Maka dari itu kami akan tutorialĀ  cara mengatasi laptop mati tapi mesin menyala, bagi kamu yang penasaran simak ulasan pada artikel ini.

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Cara Mengatasi Layar Laptop Mati Tapi Mesin Nyala

Sebenarnya cara pertama dan paling simple jika laptop kamu mengalami masalah ini bisa dengan mematikan laptop secara paksa dengan menekan tombol power hingga lampu indikator mati sekitar 5-10 menit, kemudian coba hidupkan kembali.

Jika cara tersebut tidak berhasil mungkin penyebabnya adalah karena masalah yang terjadi pada hardware atau software. Kamu bisa mencoba tips berikut:

Lepaskan Baterai

Silahkan lepaskan baterai yang ada laptop yang terpasang, cara ini biasanya dilakukan pada layar laptop mati tapi mesin nyala. Setelah melepas baterai tunggu beberapa saat agar sistem kelistrikan pada laptop bisa kembali normal. Apabila tidak ada komponen yang mengalami kerusakan , laptop bisa kembali menyala setelah baterai kembali dipasangkan.

Melepaskan RAM

Melepaskan RAM menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala. RAM yang terdapat pada bagian motherboard laptop menjadi komponen hardware secara intens bekerja pada laptop kamu dalam waktu yang lama akibat beban yang terlalu berat, komponen ini bisa mengalami penurunan performa pada kinerja laptop yang nantinya sering mengakibatkan panas (overheat) dan rentan mengalami blank pada layar laptop.

Uninstal Aplikasi yang Tidak Support

Memasang aplikasi sering dilakukan oleh para pengguna untuk mendapatkan kemudahan saat bekerja, akan tetapiĀ  jika aplikasi ini tidak support maka akan menyebabkan gangguan pada sistem yang bisa juga menyebabkan blank pada laptop. Coba untuk menginstal atau menghapus aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak berguna dan tidak kompatibel, setelah itu silahkan untuk merestart laptop agar normal kembali.

Melepaskan Hardware Tambahan

Hardware yang ditambahkan pada perangkat laptop seringkali tidak didukung oleh sistem yang menyebabkan layar laptop mati tapi mesin hidup. Untuk memeriksa adanya masalah ini, pengguna bisa melepaskan hardware yang ditambahkan tersebut lalu melihat apakah layar laptop kembali normal atau tidak. Apabila ketika dilepaskan layar berfungsi dengan normal bisa dipastikan salah satu penyebabnya ada masalah pada hardware tambahan.

Update Driver VGA

VGA yang terpasang di laptop berfungsi sebagai penerjemah dan mengubah sinyal digital menjadi tampilan grafis kemudian menampilkannya di layar laptop. Layar laptop yang mati bisa disebabkan oleh VGA yang rusak akibat tidak pernah melakukan update apalagi jika mesin laptop dalam kondisi hidup. Silahkan untuk mengupdate VGA agar bisa sinkron dengan software yang digunakan pada laptop anda.

Nah itulah cara mengatasi layar laptop mati tapi mesin nyala, cara diatas sangatlah mudah dan cepat dilakukan bahkan untuk orang awam sekalipun, namun secara pasti masalah layar mati ini disebabkan oleh hardware yang bermasalah seperti RAM, LCD, atau VGA, serta bisa juga karena pengaturan yang salah. Jika cara-cara diatas sudah dilakukan tapi laptopmu tidak kembali normal, kami menyarankan untuk membawanya ke tempat servis resmi. Silahkan di praktekan!