{Lengkap} 3 Cara Mempercepat Shutdown Windows 10 Secara Mudah

cara mempercepat shutdown windows 10

Cara Mempercepat Shutdown Windows 10-Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kinerja suatu proses yang ada di perangkat kita, misalnya kinerja prosesor dan RAM.

Ini juga berlaku untuk beberapa fitur yang tersedia di perangkat. Intinya adalah kita bisa menikmati fitur-fitur ini tanpa mengalami hambatan besar, misalnya loading atau selalu lemot dan hang.

Tentu saja ini tidak nyaman bagi Anda mengingat fitur tersebut sangat penting atau Anda terpaksa menggunakan fitur tersebut. Shutdown memiliki fungsi untuk menonaktifkan perangkat keras yang masih aktif. Semua data sementara dalam RAM akan hilang.

Itu sebabnya shutdown memiliki proses yang lebih lama, jika dibandingkan dengan fitur sleep atau hibernate di Windows 10. Tapi sebenarnya kecepatan shutdown tergantung juga pada spesifikasi PC / laptop yang digunakan. Buat rata-rata, dari pengalaman saya sekitar 1 hingga 2 menit (untuk spesifikasi komputer standar).

Cara Mempercepat Shutdown Windows 10

Nah, Anda tidak perlu khawatir lagi sekarang ada beberapa cara mempercepat proses shutdown windows 10.

Jika kita berhasil mengurangi waktu yang digunakan dalam proses pematian nanti, komputer dan perangkat laptop akan secara otomatis berhenti atau mati segera setelah kami menjalankan tombol “Shutdown”.

1.Memakai Hardisk SSD di Laptop

Saya telah merekomendasikan ini sejak lama, menggunakan SSD untuk meningkatkan kinerja komputer / laptop.

SSD sendiri memiliki efek yang sangat berbeda. Sekitar 2 kali kinerja penyimpanan konvensional. Dijamin untuk shutdown akan sangat cepat.

Ini berdasarkan pengalaman juga. Karena saya sendiri menggunakan NVME SSD dengan kecepatan Baca Tulis lebih dari 1000Mbps. Jika shutdown hanya 3-5 detik.

  1. Mengatur Registry Service di Windows 10

Di Windows 10 ada banyak fitur sistem yang berjalan, atau lebih umum disebut layanan.Kita dapat mengatur registri layanan yang ada, sehingga dinonaktifkan lebih cepat saat proses mematikan berjalan.

Begini cara mengatur registry service di windows 10:

  1. Pertama, silakan klik tombol Windows + R
  2. Selanjutnya ketikkan regedit dan klik OK / Enter
  3. Kemudian masukkan direktori yang HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet
  4. Buka folder Kontrol kemudian di sebelah kanan, cari registri WaitToEndServiceTimeout .
  5. Selanjutnya ubah nilainya menjadi 1200
  6. Mengatur Registry Aplikasi di Windows 10

Untuk pengaturan layanan atau service sudah di bahas sebelumnya. Nah, untuk ini kita atur khusus untuk registrasi aplikasi.

Secara umum, tujuannya sama. Namun untuk registry aplikasi ini lebih ditekankan. Karena itu lebih efektif.

Berikut Ini Cara Mengatur Registry Aplikasi Di Windows 10:

  1. Buka regedit
  2. Lalu buka direktori HKEY_CURRENT_USER \ Control Panel \ Desktop
  3. Cari WaitToEndAppTimeout (atau sesuatu seperti itu)
  4. Silakan ubah nilainya menjadi 1200

Belum selesai, klik kanan di kanan> Pilih Nilai string baru> Dan beri nama HungAppTimeout. Atur nilai registri ke 15000. Klik OK.

Kemudian buat registri baru lagi seperti sebelumnya> Pilih Nilai string baru> Nama AutoEndTask. Untuk nilai yang diatur ke 1. Klik OK.

Nah, setelah langkah di atas di lakukan oleh anda dengan benar maka proses untuk mempercepat Shutdown di windows 10 akan berhasil.

Demikianlah pembahasan lengkap Cara Mempercepat Shutdown Windows 10 yanga dapat kami berikan, semoga dengan artikel ini bermanfaat.